Rekapitulasi PSU Dumai: PDIP Raih Tambahan 1 Kursi, Nasdem Berkurang 1 Kursi


Ahad, 30 Juni 2024 - 16:07:52 WIB
Rekapitulasi PSU Dumai: PDIP Raih Tambahan 1 Kursi, Nasdem Berkurang 1 Kursi

RIAUIN.COM - Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua TPS Dapil Dumai Barat-Sungai Sembilan, Kota Dumai, berlangsung aman dan sukses. Hasil rekapitulasi suara menunjukkan PDIP berhasil menambah satu kursi, sementara Partai NasDem yang sebelumnya memperoleh tiga kursi kini berkurang menjadi dua kursi. Pasca-PSU, total perolehan kursi PDIP dan NasDem di DPRD Dumai sama-sama menjadi enam kursi.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai NasDem Kota Dumai, Sutrisno, menyatakan penghormatan terhadap hasil PSU dan berterima kasih kepada KPU, Bawaslu, aparat keamanan, serta pihak terkait yang menyelenggarakan PSU dengan lancar.

“Kami berterima kasih kepada pihak penyelenggara yang telah melaksanakan PSU dengan aman dan lancar. Kami menghormati hasil yang telah ditetapkan,” ujar Sutrisno kepada Kupas Media Grup pada Sabtu (29/06/24) malam.

Sutrisno mengakui bahwa sejak awal pihaknya telah memprediksi kehilangan satu kursi. "Sejak perolehan suara di dua TPS itu dinolkan pasca keputusan PSU, PDIP sudah unggul dengan puluhan suara untuk kursi keduanya. Hasil ini sudah kami prediksi sebelumnya," ungkap Sutrisno.

Proses pencoblosan di TPS 07 Kelurahan Purnama dimulai pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB, dengan penghitungan suara dimulai pukul 13.50 WIB dan berakhir pukul 14.43 WIB. Berdasarkan rekapitulasi di TPS 07, total suara sah sebanyak 237 suara, dan suara tidak sah 4 suara. Dari jumlah DPT di TPS 07 sebanyak 262 pemilih, PDIP memperoleh 71 suara, NasDem 89 suara, dan PAN 73 suara.

Di TPS 17 Kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan, jumlah DPT sebanyak 263 pemilih, dengan 213 yang menggunakan hak pilih. Total suara sah tercatat sebanyak 206 suara dan tidak sah 7 suara. Di TPS 17, PDIP memperoleh 87 suara, NasDem 84 suara, dan PAN 33 suara.

Ketua KPUD Dumai, Zulfan, menjelaskan bahwa pelaksanaan PSU di dua TPS tersebut berjalan aman dan lancar, berkat pengawalan petugas keamanan dan pengawasan ketat oleh Bawaslu. Ketua Bawaslu Dumai, Agustri, menambahkan bahwa Bawaslu melakukan pengawasan hingga proses rekapitulasi selesai, dengan total 27 petugas diturunkan untuk pengawasan.

Kapolres Dumai, AKBP Dhovan Oktavianton, mengungkapkan bahwa pihaknya menurunkan 131 personel untuk mengamankan jalannya PSU di dua TPS tersebut, serta mensiagakan sekitar 250 personel sebagai antisipasi situasi urgensi.

“Ratusan polisi diturunkan untuk mengawal kelancaran PSU di dua TPS ini. Mari bersama-sama memastikan pencoblosan ulang berjalan sesuai ketentuan perundangan yang berlaku,” himbau Dhovan. - rum