Paspor Indonesia akan Berubah Warna dan Desain Mulai 17 Agustus 2025


Ahad, 30 Juni 2024 - 07:19:27 WIB
Paspor Indonesia akan Berubah Warna dan Desain Mulai 17 Agustus 2025

RIAUIN.COM – Mulai 17 Agustus 2025, Paspor Indonesia akan hadir dengan warna dan desain baru. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Silmy Karim. Meskipun Silmy belum menjelaskan secara detail warna dan desain yang dipilih, ia menyatakan bahwa perubahan ini akan diumumkan pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

"Desainnya sedang dipersiapkan dan akan kita sampaikan pada 17 Agustus 2024," ujar Silmy. Perubahan ini, menurutnya, bertujuan untuk memberikan semangat perbaikan dan inovasi. Ia juga menegaskan bahwa internal Imigrasi sangat antusias untuk memberikan karya terbaik dan memastikan keamanan paspor yang lebih tinggi.

Silmy menjelaskan bahwa sesuai dengan aturan internasional, keamanan paspor harus diperkuat setiap tiga tahun. Salah satu aspek penting dalam peningkatan keamanan ini adalah perubahan warna yang akan melalui proses pengecekan khusus. "Misalnya, diberi sinar UV atau tambahan hologram. Fotonya mungkin dicetak dengan cara tertentu, nanti ada detailnya," pungkas Silmy.

Saat ini, Paspor RI memiliki sampul berwarna biru muda atau toska untuk paspor umum, biru untuk paspor kedinasan, dan hitam untuk paspor diplomatik. Di sampul Paspor RI tergambar lambang burung Garuda berwarna emas. Per Januari 2020, paspor Indonesia mendapat akses bebas visa dan visa saat kedatangan ke 85 negara dan teritori.

Dengan perubahan warna dan desain baru ini, diharapkan Paspor Indonesia tidak hanya tampil lebih segar tetapi juga lebih aman dan membanggakan bagi seluruh warga negara Indonesia. - rum