Pemprov Riau Siap Salurkan Beasiswa, Catat Syarat dan Jadwal Pendaftaran


Sabtu, 29 Juni 2024 - 15:24:46 WIB
Pemprov Riau Siap Salurkan Beasiswa, Catat Syarat dan Jadwal Pendaftaran

RIAUIN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kembali menegaskan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan meluncurkan program beasiswa bagi anak-anak Riau. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada putra-putri terbaik Riau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Imron Rosyadi, menjelaskan bahwa beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa berprestasi dan yang berasal dari keluarga kurang mampu di Provinsi Riau. Program ini juga mencakup mahasiswa yang sudah berada di Perguruan Tinggi yang bekerja sama dengan Pemprov Riau.

Beasiswa ini mencakup jenjang pendidikan sarjana (S-1), magister (S-2), doktor (S-3), dan Profesi. Untuk beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri jenjang D4-S1, calon penerima harus merupakan mahasiswa baru angkatan 2024 di universitas-universitas di Riau dan berasal dari keluarga kurang mampu dengan pendapatan gabungan orang tua maksimal Rp 4.000.000. Sedangkan untuk jenjang S-2 dan S-3, calon penerima harus melanjutkan studi di universitas-universitas di Riau dengan IPK minimal masing-masing 3.25 dan 3.30, serta sertifikat TOEFL ITP dengan skor minimal 500/IBT 61 atau IELTS minimal 5.5.

Beasiswa Prestasi juga tersedia untuk jenjang D4-S1, S2, dan S3 baik dalam maupun luar Provinsi Riau dengan persyaratan IPK dan TOEFL/IELTS tertentu. Khusus untuk jenjang D4-S1, calon penerima juga harus bersedia menambah hafalan Al-Qur'an minimal 2 juz per tahun. Selain itu, ada beasiswa jenjang Profesi yang mencakup pendidikan Dokter Spesialis, Perawat (ners), dan Apoteker (farmasi) di Universitas Indonesia atau Universitas Gadjah Mada, serta beasiswa jenjang S-2 PKUMI untuk Magister Pengkaderan Ulama.

Pendaftaran beasiswa akan dibuka dari 1 Juli hingga 30 Agustus 2024, dengan seleksi berlangsung pada bulan September. Pengumuman penerima akan diumumkan melalui situs birokesra.riau.go.id atau di perguruan tinggi masing-masing. Calon penerima beasiswa dari luar daerah dapat mendaftar secara daring melalui https://bit.ly/BeasiswaRiauCerdas2024, sementara pendaftaran dalam Riau dilakukan melalui Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Riau.

Dengan dukungan penuh dari Pemprov Riau, diharapkan generasi masa depan Riau dapat meraih pendidikan yang lebih tinggi dan siap bersaing di era globalisasi. Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa ini dapat diakses melalui situs resmi birokesra.riau.go.id atau media sosial Instagram @birokesra.riau.go.id. - rum