Sudah Dirilis, Berikut Pekembangan Harga Bokar di Riau


Jumat, 28 Juni 2024 - 09:39:44 WIB
Sudah Dirilis, Berikut Pekembangan Harga Bokar di Riau Kepala Disbun Riau, Syahrial Abdi

RIAUIN.COM - Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau telah merilis laporan mengenai harga Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) di berbagai Kabupaten/Kota di Provinsi Riau pada minggu ketiga bulan Juni 2024.

Kepala Disbun Riau, Syahrial Abdi mengatakan bahwa di KUB Bina Sejahtera Tj Alai Kampar, harga bokar/karet di tingkat petani adalah Rp13.000,-/kg, tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan harga minggu lalu.

Untuk di KUB Rohul, harga bokar di tingkat petani/KUB adalah Rp. 11.675,-/kg, tetap sama dengan harga minggu lalu.

Sedangkan, harga bokar di tingkat petani/KUB Rohil adalah Rp. 12.100,-/kg, tidak ada perubahan dari harga minggu lalu.

"Kalau di Apkarkusi, harga bokar sebesar Rp13.450,-/kg, turun Rp. 150 dari harga minggu lalu," kata Syahrial Abdi, Kamis (27/6/2024).

Namun, untuk di UPPB Sumber Makmur Inhu, harga bokar di tingkat UPPB hanya Rp. 11.000,-/kg, tidak berubah dari harga minggu lalu.

Selanjutnya, di Kelompok Tani Getah Tender Masjid Al-Ikhlas Pembinaan Bumdes Desa Petani Bengkalis, harga bokar adalah Rp. 14.700,-/kg, tetap sama dengan harga minggu lalu.

Dinas Perkebunan Provinsi Riau terus berupaya dan mendorong peningkatan mutu karet petani di Riau. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperkuat kelembagaan petani karet dengan mendorong mereka bergabung dalam UPPB.

"Dengan demikian, diharapkan mutu hasil karet rakyat menjadi lebih bersih dan harga di tingkat petani dapat meningkat," harap Kepala Disbun Riau. (*)