Investor Pasar Modal Tembus 13 Juta, Kolaborasi dengan Komunitas dan IDX Mobile Jadi Andalan


Kamis, 27 Juni 2024 - 13:02:10 WIB
Investor Pasar Modal Tembus 13 Juta, Kolaborasi dengan Komunitas dan IDX Mobile Jadi Andalan Foto : Ilustrasi

RIAUIN.COM- PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat capaian signifikan dengan jumlah investor pasar modal Indonesia yang telah melampaui 13 juta single investor identification (SID), dengan penambahan lebih dari 863 ribu SID baru sepanjang tahun 2024. Jumlah investor saham Indonesia juga mencatatkan angka 5,7 juta SID.

Berbagai kegiatan edukasi dan promosi yang diprakarsai oleh BEI, bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berbagai komunitas, serta pengenalan aplikasi IDX Mobile sebagai referensi utama dalam berinvestasi, menjadi faktor kunci dalam pertumbuhan ini.

Dari Januari hingga Mei 2024, telah dilaksanakan 6.211 kegiatan edukasi pasar modal yang diikuti oleh lebih dari 5,8 juta peserta di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan hasil sinergi antara BEI, OJK, Self-Regulatory Organization (SRO), anggota bursa, perusahaan tercatat, manajer investasi, dan komunitas pasar modal, serta stakeholders lainnya, termasuk Galeri Investasi BEI yang jumlahnya telah mencapai 904 per 20 Juni 2024.

BEI juga melakukan berbagai kegiatan edukasi dan promosi melalui kolaborasi dengan OJK, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Komunitas Bundaku Cakap Keuangan, Komunitas Pokemon, ASKI, Puteri Indonesia, Timnas Indonesia U-20, dan PSSI.

Program Duta Pasar Modal juga turut berkontribusi dalam menambah jumlah investor baru di pasar modal Indonesia. Sejak diluncurkan pada 15 Februari 2023, program ini telah berhasil menjangkau 2,9 juta peserta melalui 5.460 kegiatan dengan melibatkan 2.881 Duta Pasar Modal.

Sosialisasi dan edukasi juga dilakukan melalui kegiatan Sekolah Pasar Modal yang didukung oleh Anggota Bursa dan Manajer Investasi, serta melalui Galeri Investasi BEI. Metode sosialisasi lainnya termasuk penyelenggaraan kompetisi olahraga seperti Chess Competition bersama IDX Channel, dan pengenalan pasar modal melalui IDX Mobile.

Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik, menyatakan harapannya agar masyarakat dan calon investor dapat memahami informasi dan mekanisme perdagangan yang ada serta meningkatkan literasi pasar modal. "Kami berharap masyarakat dan calon investor dapat membuat keputusan investasi yang rasional, didukung oleh data dan informasi akurat yang tersedia melalui fasilitas seperti IDX Mobile dan Website," ujarnya pada Selasa (25/6/2024).

Dikatakannya, BEI terus mendorong penggunaan IDX Mobile untuk meningkatkan literasi pasar modal di Indonesia. Saat ini, dari 5,7 juta investor saham, sebagian besar sudah menggunakan aplikasi online trading.

"Namun, kami menyadari bahwa beberapa investor mungkin membutuhkan informasi tambahan yang bisa mereka dapatkan melalui unduhan IDX Mobile," katanya

Per 31 Mei 2024, jumlah pengguna IDX Mobile telah mencapai 154.883, meningkat sebesar 47% sejak 31 Desember 2023. Rata-rata, terdapat 306 pengguna baru setiap hari sepanjang tahun ini. -rls