Viral! Jambret Rampas Tas Mahasiswi, Nyaris Dibakar Massa Sebelum Ditangkap Polisi


Kamis, 27 Juni 2024 - 07:38:36 WIB
Viral! Jambret Rampas Tas Mahasiswi, Nyaris Dibakar Massa Sebelum Ditangkap Polisi Penangkapan pelaku jambret oleh aparat kepolisian.

RIAUIN.COM - Sebuah video dramatis yang viral di media sosial memperlihatkan seorang pria pelaku jambret nyaris tewas dibakar massa. Insiden terjadi di Jalan Soekarno Hatta, tepatnya di Pasar Pagi Arengka, ketika pelaku merampas tas seorang mahasiswi cantik yang sedang berangkat kuliah pada Rabu (26/6/2024) sekitar pukul 07.00 WIB.

Korban, Fauziah Kintansuri, menunjukkan keberaniannya dengan menabrakkan sepeda motornya ke motor pelaku, sehingga keduanya terjatuh. Dua anggota Satlantas Polresta Pekanbaru, Briptu Yoga Virnando dan Bripka Irham Surya, yang sedang mengatur arus lalu lintas di dekat lokasi, langsung bertindak cepat dengan menangkap pelaku.

Meski polisi berhasil mengamankan pelaku, situasi memanas ketika puluhan warga yang marah mendekati dan memukuli pelaku. Briptu Yoga mencoba melarang warga untuk tidak main hakim sendiri, tetapi emosi massa yang memuncak sulit dikendalikan. Teriakan "Bakar aja, bakar!" terdengar jelas dalam video yang diterima merdeka.com, menunjukkan kemarahan warga yang mendesak tindakan lebih keras terhadap pelaku.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @lokerriau1_info, terlihat Fauziah yang masih duduk di atas sepeda motornya, memeriksa barang bawaannya di dalam tas dan memainkan handphonenya setelah insiden tersebut.

Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Alvin Agung Wibawa, menjelaskan bahwa pelaku jambret, Syaiful (38), ditangkap oleh anggota Satlantas yang sedang bertugas mengatur lalu lintas di sekitar Pasar Pagi Arengka.

"Pelaku jambret ditangkap saat anggota Satlantas Polresta Pekanbaru sedang melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar Pasar Pagi Arengka pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB," ujar Alvin kepada Media Center Riau.

Alvin menjelaskan, saat melihat ada seseorang mengejar pelaku jambret dari kejauhan, polisi langsung sigap mendekati lokasi kejadian. "Setiba di Pasar Pagi Arengka, korban menabrakkan sepeda motornya ke sepeda motor pelaku yang menyebabkan keduanya terjatuh dan terseret sejauh 5 meter," terang Alvin.

Meski pelaku sempat melakukan perlawanan, polisi berhasil mengamankannya. Namun, warga yang geram dengan aksi pelaku mendekati dan menghajarnya. "Saat mengamankan, pelaku sempat melakukan perlawanan. Namun petugas tetap berhasil mengamankannya dan dibawa ke Polsek Bukit Raya," jelas Alvin.

Akibat tabrakan tersebut, Fauziah mengalami luka-luka dan segera dibawa ke Rumah Sakit Awal Bros Panam untuk mendapatkan perawatan. Sementara itu, pelaku kini sudah diamankan di Mapolsek Bukit Raya untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Peristiwa ini menjadi sorotan publik, menambah kesadaran akan pentingnya kewaspadaan dan tindakan cepat dari aparat dalam menangani tindak kejahatan di jalanan. - rum