Bupati Inhu Optimis Panen Padi Desa Kelayang Meningkat


Ahad, 23 Juni 2024 - 22:16:16 WIB
Bupati Inhu Optimis Panen Padi Desa Kelayang Meningkat Bupati Inhu saat menaiki traktor yang akan diserahkan kepada petani Desa Kelayang.

RIAUIN.COM -  Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi optimistis hasil panen padi Desa Kelayang yang dikenal sangat berkualitas akan meningkat pada 2024 dengan pemanfaatan benih unggul dan pengelolaan lahan produktif secara optimal.

"Untuk menunjang produksi hasil pertanian petani, bantuan traktor pengelolaan lahan persawahan warga diserahkan sebelum musim tanam," kata Bupati Rezita di Rengat, Sabtu (22/06/2024).

Bantuan alat pertanian pada 2024 bisa digunakan untuk mendukung Inhu menuju lumbung beras Riau, dan terpenuhi kebutuhan lokal. Hal itu untuk mengurangi ketergantungan pangan dari luar daerah perlu peningkatan cara bertani.

Dikatakan Bupati, ada enam traktor yang diserahkan kepada petani, baik traktor roda dua maupun empat. Serta pompa air pada awal tanam 2024 untuk mengelola luas lahan mencapai 130 hektare.

"Dengan demikian, petani lebih mudah mengolah lahan persawahan, berubah dari sistem tradisional menuju modern. Traktor yang diterima dijaga dan dipakai secara maksimal, sehingga hasil produksi beras semakin tinggi di Desa Kelayang," ujarnya.

Kegiatan pengembangan sektor pertanian tersebut juga berkolaborasi dengan Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Provinsi Riau dan Kodim 0302/Inhu. Bupati juga mengajak Kodim 0302/Inhu, BPSIP dan seluruh masyarakat untuk tetap semangat dan bersinergi mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan primer.

"Melalui produksi pertanian yang berkualitas, kejayaan petani akan terwujud dengan baik, sehingga masyarakat Inhu lebih sejahtera," pungkasnya.(nal/antara).