Ketua MUI Riau : Berqurban untuk Meringankan Beban Fakir Miskin


Senin, 17 Juni 2024 - 19:15:06 WIB
Ketua MUI Riau : Berqurban untuk Meringankan Beban Fakir Miskin Prof Ilyas Husti MA.

RIAUIN.COM - Ketua Umum MUI Provinsi Riau, Prof Ilyas Husti MA yang saat ini tengah berada di Mekah mengucapkan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M yang jatuh pada hari ini, Senin (17/6/2024).

MUI Riau mengimbau MUI kabupaten/kota beserta seluruh lembaga keagamaan dan lembaga dakwah yang memiliki kemampuan untuk saling berbagi pada Hari Raya Idul Adha dalam bentuk penyembelihan hewan. 

"Kami mengimbau kepada masing-masing ketua MUI Kabupaten/Kota untuk mengkoordinir, pertama bagi yang punya kemampuan untuk memberikan bantuan hewan kurbannya untuk disalurkan kepada fakir miskin yang ada di tempat masing-masing," ujar Prof. Ilyas Husti MA.

Disamping itu pihaknya juga mengimbau lewat MUI kabupaten/kota dan juga organisasi kemasyarakatan lembaga dakwah untuk menghimpun dana yang dapat disumbangkan untuk rakyat Palestina yang saat ini sangat membutuhkan.

"Ini mungkin imbauan kita dari MUI Provinsi. Kita berharap supaya melakukan penyembelihan hewan kurban ditempatnya masing-masing untuk meringankan beban fakir miskin yang pada hari itu membutuhkan daging kurban untuk konsumsi mereka," katanya.

MUI Riau mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau mari melaksanakan amal-amal sunah menjelang Idul Adha, pertama adalah puasa Arafah. Dengan melaksanakan puasa Arafah akan mendapatkan pahala yang luar biasa bagi yang melaksanakannya.

"Mari kita bawa sanak saudara, tetangga untuk bersama-sama melaksanakan Shalat Sunah Arafah pada Ahad ini. Dengan mengerjakan Shalat Sunah Arafah maka akan diberikan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT," ucapnya.

Kemudian, bersama -sama untuk melakukan Salat Idul Adha sesuai dengan tempat dan waktu yang telah ditentukan oleh masing-masing baik pemerintah maupun masyarakat yang ada di Provinsi Riau. 

"Mari kita ajak keluarga, sanak saudara kita untuk melaksanakan Salat Iduadha bersama -sama. Karena dengan bersama -sama melaksanakan Salat Iduladha menunjukkan betapa besarnya nikmat dan Rahmat Allah yang kita terima dan kita syar kan dalam bentuk takbir, tasbih dan tahmid memuji kebesaran Allah SWT," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, mari menjaga kebersamaan, kekompakan, Ukhuwah walaupun berbeda tetapi tetap satu yakni Indonesia.

"Saya juga mengimbau mari bersama -sama melaksanakan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan kemampuan kita masing-masing dan membagikan daging kurban kepada orang yang berhak menerimanya terutama fakir miskin yang ada di sekitar kita," ajaknya.

Ketua MUI Riau juga mengajak menanamkan kepedulian sosial ini untuk membangun satu kebersamaan persatuan dan kesatuan, dan kemajuan negara, bangsa dan agama.

"Saya juga menyampaikan mari bersama kita saling bersilaturahmi antara satu dengan yang lain sehingga dengan demikian silahturahmi kita tetap terjaga, kebersamaan kita tetap terpelihara. Dan Provinsi Riau tentu kita doakan menjadi provinsi yang makmur," pungkasnya.(nal/mcr).