Bupati Kuansing Targetkan Indeks Pertanaman di Kinali Mampu Swasembada Pangan


Kamis, 30 Mei 2024 - 23:56:48 WIB
Bupati Kuansing Targetkan Indeks Pertanaman di Kinali Mampu Swasembada Pangan

RIAUIN.COM- Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) merupakan target utama dalam meningkatkan produksi padi bagi pemenuhan kebutuhan pangan, sehingga Kuantan Singingi mampu swasembada pangan.

Hal itu disampaikan Bupati Kuantan Singingi Dr H Suhardiman Amby, di dampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Ir Emerson, Kepala Bapenda Drs Muradi M Si dan Kadis PUPR, Kadis Perkim Tan Ade Farel, Camat Kuantan Mudik Denta Marion AMd Kep saat menghadiri panen raya padi Indek Pertanaman 200 di Desa Kinali, Kecamatan Kuantan Mudik, sekaligus Beraudiensi, Kamis (30/5/2024) siang.

Dalam sambutannya, Bupati optimis jika Kuansing bisa Swasembada Pangan, jika semua masyarakat bersatu dan berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian. Panen IP 200 ini akan berguna supaya mengetahui apakah bisa menghasilkan varietas yang unggul.

"Dengan luas lahan 156 Hektar kata H. Suhardiman, prospek kedepannya Kinali harus mampu mengejar panen IP 300, agar pelaksanaan ini dapat menghasilkan varietas padi yang unggul dengan beberapa kelebihan di antaranya produktivitas tinggi serta umur tanam padi lebih pendek," katanya.

Selain panen padi, pihaknya juga memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana pertanian seperti handtraktor, Irigasi dan turap tebing yang akan dibangun oleh PUPR.

Sementara Emerson mengatakan, untuk Desa Kinali akan terus kita lakukan pemetaan pendistribusian berapa jumlah hektar untuk menghidupi jumlah penduduk, berapa luas lahan sawah dan berapa kali panen. "Semoga ke depannya Desa Kinali sesuai harapan Bupati harus mampu panen IP 300," ujarnya.

Di akhir Suhardiman mengatakan, jalan Desa Kinali sepanjang 2 kilometer tahun ini akan di aspal. -ade