Kanal

Jumlah Jamaah Haji Indonesia Wafat Tahun 2024 Menurun Signifikan

RIAUIN.COM – Berdasarkan data terbaru dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag), tercatat 234 jamaah haji asal Indonesia meninggal dunia di Arab Saudi hingga hari ke-43 pelaksanaan ibadah haji, per Senin (24/6/2024).

Sebagian besar, yaitu 213 orang, termasuk dalam kategori risiko tinggi (risti), sementara 21 jamaah lainnya tidak termasuk dalam kategori tersebut. Menariknya, jumlah kematian jamaah haji tahun ini menunjukkan penurunan signifikan dibandingkan tahun 2023 yang mencapai 773 orang, yang merupakan angka tertinggi dalam enam tahun terakhir. Sebagai perbandingan, jumlah kematian terendah tercatat pada 2022 dengan 89 jamaah.

Di tengah berita ini, muncul video viral di media sosial yang memperlihatkan jamaah haji meninggal dunia terlantar di jalanan Makkah. Namun, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, memastikan bahwa jamaah tersebut bukan dari Indonesia. "Video tersebut tidak terkait dengan jamaah kita. Ada dugaan jamaah dibiarkan, namun petugas haji kami selalu siap di beberapa titik dan langsung menangani setiap kejadian," jelas Hilman dalam keterangannya di Makkah, dilansir dari laman Kemenag, Rabu (19/6/2024).

Indro Murwoko, Kabid Kesehatan PPIH, juga menegaskan bahwa seluruh jamaah haji Indonesia yang sakit atau meninggal dunia di Tanah Suci mendapatkan penanganan sesuai prosedur. "Tenaga kesehatan di lapangan selalu memberikan perawatan kepada jamaah yang sakit atau pingsan, kemudian merujuk mereka ke fasilitas kesehatan terdekat jika diperlukan," katanya.

Jika ada jamaah yang meninggal, petugas kesehatan akan membuat certificate of death (COD) dan berkoordinasi dengan kantor maktab untuk melengkapi persyaratan administrasi lainnya, seperti surat kesediaan dimakamkan. "Setelah administrasi disiapkan, biasanya proses pemulasaraan diserahkan kepada Masyariq atau Maktab," jelas Indro.

Penurunan jumlah kematian jamaah haji tahun ini menjadi kabar baik yang patut disyukuri, menunjukkan peningkatan dalam penanganan kesehatan dan keselamatan jamaah haji Indonesia. - rum

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler