Kanal

2.249 Jamaah Haji Riau dari 5 Kloter Sudah Tiba ke Tanah Air, 7 Kloter Lagi Menunggu Jadwal

RIAUIN.COM - Sebanyak 2.249 jamaah haji asal Provinsi Riau telah tiba kembali di tanah air hingga Jumat (28/6/2024). Jamaah tersebut terdiri dari lima kloter dari total 12 kloter yang berangkat ke Tanah Suci.

Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau menjelaskan bahwa jamaah yang telah kembali berasal dari Kota Pekanbaru, Indragiri Hilir, Kampar, dan Siak, serta dua orang jemaah tanazul dari Kloter 13.

"Hingga hari ini, lima kloter telah kembali, totalnya 2.249 jemaah. Masih ada tujuh kloter yang berada di Tanah Suci. Secara bertahap, mereka akan kembali ke tanah air melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah untuk gelombang pertama, dan Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz untuk gelombang kedua," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pergerakan jamaah haji Provinsi Riau yang tergabung dalam gelombang kedua sudah mulai memasuki Madinah untuk melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi dan ziarah di Raudhah dan tempat suci lainnya.

Ketua Kloter BTH 12, Amri Fitri, melaporkan bahwa jamaah asal Kabupaten Kepulauan Meranti dan Pelalawan sudah tiba di Kota Madinah. Mereka akan melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi.

"Jamaah menginap di Hotel Taj Ward Kota Madinah. Saat ini, sebagian jemaah melakukan ibadah di Masjid Nabawi dan ziarah ke Raudhah dan Makam Nabi Muhammad SAW. Jamaah haji pada kloter BTH 12 terdiri dari 109 jemaah Kepulauan Meranti, 335 jamaah Pelalawan, dan lima petugas," jelasnya.

Tim kesehatan Kloter BTH 12 menganjurkan jamaah untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) selama berada di luar ruangan, mengingat banyak jemaah mulai mengalami batuk.

"Banyak jamaah yang mengalami kelelahan dan kurang tidur. Kami menganjurkan mereka untuk beristirahat dan tidak memaksakan diri dalam beribadah. Jika berada di luar ruangan, gunakan APD. Karena banyak yang mulai batuk-batuk, kami juga menganjurkan untuk tidak minum air dingin, beristirahat yang cukup, dan minum oralit setiap hari. Jika diperlukan, segera berobat," tutupnya. - rum

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler