Kanal

Riau Diperkirakan Cerah Berawan Hari Ini, Hotspot Terpantau 3 Titik

RIAUIN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Provinsi Riau pada hari Kamis, 27 Juni 2024.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Gita Dewi S menjelaskan bahwa cuaca di pagi hari ini diprediksi cerah berawan hingga berawan. Namun, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan akan mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis.

"Lalu kondisi cuaca pada siang hingga sore hari akan berawan hingga hujan ringan. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru," kata Gita.

Sedangkan, cuaca di malam hari diperkirakan berawan. Kemudian, dini hari nanti, udara kabur dan diprediksi berawan.

BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini untuk waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Kondisi ini diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis, dan Kota Dumai pada siang atau sore hari," imbaunya.

Sementara itu, untuk parameter cuaca di Riau hari ini berada di suhu udara 22.0 – 33.0 °C, kelembapan udara 60 – 90%, angin bertiup dari tenggara menuju barat daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

"Kemudian, tinggi gelombang di wilayah perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0.50 – 1.25 meter (rendah)," ungkapnya.

BMKG juga melaporkan total titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera yang terdeteksi pada pukul 23.00 WIB sebanyak 30 titik.

Dengan rincian sebagai berikut: Aceh dan Sumut masing-masing 1 titik, Bengkulu 8 titik, Jambi dan Bangka Belitung masing-masing 2 titik, Lampung, Riau dan Sumbar masing-masing 3, Sumatera Selatan 7 titik.

"Di Riau ada 3 titik panas. Yaitu terdeteksi di Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu," jelasnya. (*)

 

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler