Kanal

Tingkat Partisipasi di Pilpres dan Pileg 2024 Capai 80 Persen, KPU Kampar Puas

RIAUIN.COM- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar, Andi Putra merasa puas dengan tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya pada pemilu serentak 2024 yang lalu.

"Saya cukup puas dengan tingkat partisipasi pemilih yang rata-rata setiap tingkatannya, baik itu untuk Pilpres, DPD DPR RI dan DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten/Kota mencapai angka 80 persen," ujar Andi Putra saat berbincang dengan awak media di Bangkinang Kota, Senin (24/6/2024).

Tingginya partispasi masyarakat ini kata Andi tidak terlepas dari peran serta berbagai pihak termasuk partisipasi dan peran pers. Dimana sebutnya pers telah mempublikasikan setiap tahapan dan prosesnya.

Meski tingkat partisipasi publik dalam Pilpres dan Pileg cukup tinggi, KPU kata Andi ingin agar tingkat partisipasi pemilih di pilkada serentak nanti akan jauh lebih tinggi.

Pada Pilkada serentak nanti KPU menurut Andi menargetkan Tingkat partisipasi pemilih mencapai 85 persen.

Andi menyebut, perbedaan antara pilpres, pilpres dengan pilkada serentak nanti adalah terletak pada proses dan tahapan pilkada lebih singkat dibanding pileg dan pilpres.

"Untuk itu kami meminta kerja sama insan pers untuk mempublikasikan setiap tahapan dan proses pilkada ini," tuturnya.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 27 November 2024 untuk memilih pasangan calon Gubernur Wakil Gubernur dan pasangan calon Bupati Wakil Bupati Kampar karena proses ini sangat menentukan nasib daerah kita 5 tahun ke depan.

Sebagai informasi, masa Pendaftaran dan Penelitian Persyaratan Pasangan Calon Bupati Wakil Bupati akan mulai dari tanggal 27 Agustus sampai tanggal 21 September 2024.

Adapun jadwal Penetapan Pasangan Calon dilaksakan pada 22 September sedangkan pada tanggal 23 September Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut Pasangan Calon. -naz

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler