Kanal

Razia Gabungan di Jalan Lintas Timur Riau, Puluhan Truk Odol Terjaring

RIAUIN.COM - Puluhan kendaraan angkutan Over Dimension and Over Load (ODOL) kembali terjaring dalam razia gabungan yang digelar oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Rabu (22/5) kemarin, di Jalan Lintas Timur, Pasir Putih.

Puluhan kendaraan angkutan barang tersebut dijaring petugas saat razia gabungan Dishub Pekanbaru bersama Ditlantas Polda Riau, BPTD, dan Dishub Riau. Selain Odol, petugas gabungan juga menilang angkutan yang tidak memiliki izin KIR atau KIR mati. 

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Khairunnas mengatakan, petugas langsung memberikan tindakan. "Rata-rata KIR mati itu sebanyak 30 unit kendaraan dan Odol sebanyak 29 unit kendaraan," ujar Khairunnas.

Ia menegaskan, mereka yang terjaring razia dan kedapatan melanggar langsung ditindak langsung atau ditilang.

Selain tilang, petugas juga memberikan teguran dan peringatan terhadap kendaraan Odol. Pemilik angkutan harus mengurangi dimensi kendaraan sesuai semestinya.

Kendaraan angkutan yang melintas di jalan tersebut diperiksa satu per satu oleh petugas. Selain penindakan, pihaknya tetap rutin menghimbau kepada pemilik angkutan barang agar melaksanakan pemotongan sendiri terhadap mobil yang melebihi standar ukur atau ODOL. 

Khairunnas menyebut, sejak seminggu terakhir dilakukan razia gabungan pihaknya sudah menindak ratusan kendaraan angkutan barang dan penumpang. "Total sejak razia pertama hingga saat ini itu ada sebanyak 163 unit kendaraan," jelasnya.

Mayoritas kendaraan yang terjaring diberikan sanksi tilang oleh aparat kepolisian. Mereka juga diminta agar bisa mematuhi peraturan berlalu lintas. "Kami akan terus melakukan razia, khususnya di pintu masuk Kota Pekanbaru," pungkasnya. (*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler