Selasa, 28 Januari 2020
Follow Us ON :
 
 
| Pemkab Bengkalis Dukung Survei Seismik SKK Migas-EMP | | Wabup Said Hasyim Intruksikan Usulan OPD Disertai Data Lengkap dan Narasi Meyakinkan | | Sekdaprov Tandatangani Piagam Zona Integritas, di Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru | | Jumlah Kios STC Bertambah, Luas Dikurangi dari Ukuran Awal | | Antisipasi Virus Corona, Tiga Pelabuhan di Bengkalis Jadi Perhatian Dinkes | | Kapolda Riau Turun Tangan Padamkan Api yang Melalap Lahan Terbakar di Pulau Rupat
 
Sosialisasi dan Gelar Try Out, IMR-UI Kunjungi Empat Sekolah di Siak
Minggu, 12-01-2020 - 12:52:35 WIB

TERKAIT:
 
  • Sosialisasi dan Gelar Try Out, IMR-UI Kunjungi Empat Sekolah di Siak
  •  

    PEKANBARU, Riauin.com - Mahasiswa asal Provinsi Riau yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Riau Universitas Indonesia (IMR-UI) kembali melanjutkan roadshow Universitas Indonesia Goes To Riau (UIGTR) 2020. Di mana, kegiatan ini memiliki tujuan mulia untuk memberikan motivasi dan sosialisasi kepada siswa SMA kelas XII di Riau.

    Kali ini, IMR-UI mengunjungi empat sekolah di Kabupaten Siak, diantaranya adalah SMAN 1 Tualang, SMAN 5 Tualang, MAN IC Siak, dan SMAN 3 Tualang.

    Kedatangan mereka disambut antusias ratusan siswa yang ingin mengetahui lebih mengenai mekanisme penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri, terutama UI.

    Anggota IMR-UI, Riska Alfianti menjelaskan bahwa, organisasi IMR-UI ini nantinya akan membantu mahasiswa baru dari Riau untuk beradaptasi dengan suasana kehidupan dan perkuliahan di Kampus UI, Depok.

    "Jadi, mahasiswa baru nantinya tidak perlu takut berada di perantauan karena kakak-kakaknya dari IMR-UI akan memberi informasi yang mereka perlukan, seperti asrama, kos, hal akademis, biaya hidup, dan lain-lain," jata Riska kepada wartawan di Pekanbaru, Sabtu (11/1/2020).

    Di tempat yang sama, Samuel Parningotan S, yang juga anggota IMR-UI ini mengajak siswa di empat sekolah tersebut untuk memilih UI dengan menjelaskan berbagai prestasi, fasilitas lengkap yang ada di UI, serta lulusan-lulusan dari UI yang menjadi orang terkenal seperti Raditya Dika, Najwa Shihab, Andovi dan Jovial, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan alumni lainnya yang sukses dalam hidupnya.

    Pemuda yang akrab disapa Samuel ini menekankan bahwa tidak perlu khawatir terkait biaya kuliah di UI karena dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial keluarga melalui Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan beasiswa yang ditawarkan di UI.

    "UI punya komitmen, yaitu mahasiswa S1 reguler tidak akan dikeluarkan karena masalah biaya dan akan dicarikan jalan keluarnya," ujarnya dengan yakin.

    Kemudian, sosialisasi dilanjutkan oleh Gaizka Ghifari Nasution yang menjelaskan mengenai jalur masuk UI maupun pilihan program pendidikan yang ada di UI dimana terdapat 6 jalur penerimaan mahasiswa baru UI, yaitu, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar Universitas Indonesia (PPKB UI), Talent Scouting, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI). Sedangkan program pendidikan di UI terbagi empat, yaitu S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Khusus Internasional, dan D3 Vokasi.

    "Untuk yang ingin ikut SIMAK UI, ujiannya diadakan tanggal 12 Juli 2020 di Pekanbaru," kata pemuda yang sehari-harinya dipanggil Giga ini.

    Selanjutnya, sosialisasi ditutup oleh Kevin Ramadhan dan Al Hadi yang memberikan motivasi kepada siswa-siswa di SMAN 5 Tualang agar dapat yakin dan percaya diri dalam menetukan pilihan. Mereka juga menceritakan pengalaman mereka berjuang selama berbulan-bulan hingga diterima menjadi mahasiswa UI. Siswa yang mendengar cerita mereka menyimak dengan seksama cerita dari mereka. Al Hadi menekankan pentingnya berdoa kepada tuhan, meminta restu orang tua, dan usaha yang maksimal agar impian siswa untuk dapat diterima menjadi mahasiswa UI menjadi kenyataan.

    Salah satu siswa MAN IC Siak, Annisa, berterimakasih kepada IMR-UI yang sudah mengunjungi sekolahnya dan memberikan informasi serta motivasi kepada ia dan teman-temannya yang saat ini sedang berjuang di bangku kelas XII.

    "Terima kasih atas kedatangannya kakak-kakak IMR-UI, kami menjadi lebih tau tentang jalur penerimaannya dan semoga kami bisa diterima di UI," ungkapnya.

    Di akhir sosialisasi, anggota IMR-UI, Indah Sari Budi Ghafara menambahkan bahwa ia berharap kedatangannya bersama teman-temannya memberi efek positif dan kunjungan ini konsisten dilaksanakan tiap tahunnya. Setelah agenda roadshow ini, IMR-UI akan mengadakan tryout SBMPTN di SMAN 8 Pekanbaru pada hari Minggu, 12 Januari 2020 jam 07.00 WIB untuk membantu siswa mempersiapkan diri mereka menghadapi SBMPTN.

    "Try out ini bisa dijadikan ajang pemanasan bagi adik-adik kita, juga harga tiketnya hanya Rp35.000 bisa didapatkan langsung di SMAN 8 saat hari try out," ujar Indah.(int/nol)



     
    Berita Lainnya :
  • Sosialisasi dan Gelar Try Out, IMR-UI Kunjungi Empat Sekolah di Siak
  •  
    Komentar Anda :

     
    Indeks Berita +
    01 Pemkab Bengkalis Dukung Survei Seismik SKK Migas-EMP
    02 Wabup Said Hasyim Intruksikan Usulan OPD Disertai Data Lengkap dan Narasi Meyakinkan
    03 Sekdaprov Tandatangani Piagam Zona Integritas, di Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru
    04 Jumlah Kios STC Bertambah, Luas Dikurangi dari Ukuran Awal
    05 Antisipasi Virus Corona, Tiga Pelabuhan di Bengkalis Jadi Perhatian Dinkes
    06 Kapolda Riau Turun Tangan Padamkan Api yang Melalap Lahan Terbakar di Pulau Rupat
    07 Hujan akan Mengguyur Riau Hari Ini
    08 Bupati Kuansing Buka Seminar Kewirausahaan Ikatan Mahasiswa Telukkuantan
    09 Kapolda Riau Ikut Padamkan Karhutla di Bengkalis
    10 Mantap Gandeng Samda, Eet Siap Tinggalkan DPRD Riau
    11 Bupati Irwan Buka Kegiatan FGD Strategi Perencanaan Pembangunan di Meranti, Komit Beri Kemudahan Investasi Kepada Investor
    12 Cegah Virus Corona, Sekdaprov Riau Cek Thermal Scanner di Bandara Internasional SSK II Pekanbaru
    13 Wabup Tegaskan Semua OPD Fokus Pada Penuntasan Masalah Kemiskinan dan Stunting
    14 Program Daily Check In MyTelkomsel Berikan Kuota Gratis Bagi Pelanggan
    15 Festival Perang Air Selatpanjang Magnet bagi Wisatawan Malaysia dan Thailand
    16 Dilaksanakan Pekan Depan, Ini Jadwal dan Lokasi Tes SKD CPNS Pelalawan
    17 Bupati dan Unsur Masyarakat Teken Komitmen Bersama Pengembangan Forum Anak Pelalawan
    18 Seluruh Puskesmas di Pekanbaru Diminta Waspada Virus Corona Wuhan
    19 Pagi Ini, Enam Kabupaten di Riau 'Menghasilkan' Titik Panas
    20 RSUD Arifin Achmad Jadi RS Rujukan Kasus Corona
    21 Meriah, Lomba Mancing Sempena HUT Kodim 0321/Rohil Diikuti Ratusan Peserta
    22 Tingkatkan Kinerja, DLH Rohil Adakan Pertemuan dengan Petugas Kebersihan
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2018 PT. RIAU INTI MEDIA, All Rights Reserved