Senin, 16 Desember 2019
Follow Us ON :
 
 
| 2 Pelaku Penjualan Satwa Liar Dilindungi Berhasil Dibekuk | | Polda Riau Gelar Rapat Evaluasi Muara Takus 2019 | | Tinjau Korban Banjir, Bupati Kampar: Layani Masyarakat Secara Maksimal | | Maraknya Peredaran Narkoba, Wabup Said Hasyim: Tolong Perhatikan Lingkungan Kita | | Polres Kampar Serahkan Bantuan untuk Warga Terkena Bencana Banjir | | Liga eSport Terbesar di Indonesia Berhadiah Rp 1.6 Milyar
 
The World Summit on The Information Society Prizes
Program CSR Baktiku Negeriku Telkomsel Menangkan Dua Gelar Champion
Rabu, 08-05-2019 - 15:31:13 WIB
Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU), Houlin Zhao (tengah), Direktur Jenderal Pos dan Pemberdayaan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Prof. Ahmad M. Ramli (tengah kiri), Wakil Tetap RI untuk PBB di Je
TERKAIT:
 
  • Program CSR Baktiku Negeriku Telkomsel Menangkan Dua Gelar Champion
  •  

    Jakarta, riauin.com-- Telkomsel konsisten menghadirkan program-program berbasis digital hingga ke wilayah pelosok sebagai bentuk komitmen mendukung pembangunan Indonesia melalui teknologi. Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberi nama Baktiku Negeriku (BN).
     
    Program ini, berhasil mendapat pengakuan sebagai Champion bersama 72 karya pilihan lainnya dari seluruh dunia yang menyisihkan 1062 inisiatif dalam kompetisi ajang bertaraf internasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) The World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2019 yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss (09/04/2019) lalu.

    Melalui tahapan seleksi secara ketat oleh International Telecommunication Union (ITU) sebagai badan tertinggi PBB pada bidang teknologi dan informasi, BN memenangi dua kategori sekaligus dari 18 kategori yang dikompetisikan. Yaitu kategori e-business dengan proyek Baktiku Untuk Petani dan kategori e-agriculture untuk submisi kegiatan Baktiku Negeriku.
     
    “Tahun lalu, pada fase pertama, Program BN telah berhasil meraih gelar Champion di ajang yang sama. Mendapatkan kembali dua penghargaan sekaligus, menjadi sebuah apresiasi bagi Telkomsel yang menegaskan bahwa inisiatif kami untuk mendukung terwujudnya ekosistem ‘Indonesia Digital’ melalui program edukasi teknologi kepada masyarakat hingga ke pelosok desa, telah diakui oleh dunia. Sebuah pengakuan yang juga menuntut kami untuk terus melakukan inovasi dalam bidang teknologi yang mampu memberi dampak besar terhadap peningkatan kehidupan masyarakat dan lingkungannya,” kata General Manager CSR Telkomsel, Tubagus Husniyullah.


    Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU), Houlin Zhao (tengah) bersama para Champion WSIS Prizes dari Indonesia saat acara The World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2019 di Jenewa – Swiss, (9/4). Baktiku Negeriku sendiri memiliki tujuan pengembangan 4 aspek utama, yaitu stakeholder relationship, community development, employee involvement serta industrial relationship dengan mengkolaborasikan Corporate Management melalui keterlibatan Serikat Pekerja Telkomsel.

    Dalam kategori e-business, Telkomsel mengunggulkan inisiatif ‘Baktiku Untuk Petani’ sebagai bagian dari program Baktiku Negeriku yang mengenalkan platform dan aplikasi pemasaran melalui daring (e-commerce) sebagai solusi kepada petani untuk mengurangi ketergantungan pada perantara atau tengkulak yang biasanya bertindak sebagai jembatan antara petani dan konsumen. Dengan aplikasi ini, petani memiliki keleluasaan dalam bertransaksi jual-beli langsung dengan konsumennya.
     
    Sementara itu, kategori e-agriculture mengusung karya pilihan program Baktiku Negeriku dengan menghadirkan platform serta aplikasi yang mendukung program edukasi kepada masyarakat desa. Edukasi yang diberikan meliputi kewirausahaan, literasi keuangan dan pemasaran secara digital melalui pemanfaatan platform aplikasi digital yang juga bernama Baktiku Negeriku.

    Penganugerahan pemenang diberikan langsung oleh Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU), Houlin Zhao. Para Champion WSIS Prizes tersebut didampingi khusus oleh Direktur Jenderal Pos dan Pemberdayaan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Prof. Ahmad M. Ramli bersama dengan Hasan Kleib (Wakil Tetap RI untuk PBB di Jenewa), WTO dan organisasi internasional lainnya bersama Delegasi RI.

    “Dalam pelaksanaan dan eksekusi sosialisasi di lapangan, Telkomsel melibatkan para karyawan dari seluruh Indonesia untuk menjadi eksekutor melalui program kerja sukarela atau Employee Volunteer. Mereka berkolaborasi dengan organisasi Serikat Pekerja Telkomsel atau SEPAKAT dalam mewujudkan kontribusi secara langsung membangun masyarakat digital Indonesia. Aksi ini sekaligus bertujuan untuk membangun kedekatan antara institusi dengan masyarakat sekitar tempat mereka berkarya”, pungkas Tubagus.

    Baktiku Negeriku sendiri memiliki tujuan pengembangan 4 aspek utama, yaitu stakeholder relationship, community development, employee involvement serta industrial relationship dengan mengkolaborasikan Corporate Management melalui keterlibatan Serikat Pekerja Telkomsel.  Kegiatan utama program ini  adalah memberikan edukasi kepada masyarakat desa yang dilakukan oleh para karyawan secara sukarela, dengan materi tentang kewirausahaan, literasi keuangan dan pemasaran secara digital melalui pemanfaatan platform aplikasi digital bernama Baktiku Negeriku. Telkomsel juga menyediakan fasilitas Pusat Digital (Digital Center) di desa yang dituju.

    Baktiku Negeriku telah berjalan dalam dua periode. Fase pertama dilaksanakan pada tahun 2017-2018 dan digelar di 8 titik se-Indonesia. Sedangkan fase kedua sudah berjalan bulan Desember 2018 lalu di 7 titik yaitu di Desa Gambung - Ciwidey, Desa Salem - Purwakarta, Desa Simanindo - Samosir, Desa Kinali - Pasaman Barat, Desa Ponggok - Blitar, Desa Bontosunggu - Selayar dan Desa Labengki Kecil - Kendari. Sedangkan fase terakhir sudah teralksana di Kaimana, Papua Barat pada minggu terakhir April 2019. (rls,vie)

     



     
    Berita Lainnya :
  • Program CSR Baktiku Negeriku Telkomsel Menangkan Dua Gelar Champion
  •  
    Komentar Anda :

     
    Indeks Berita +
    01 2 Pelaku Penjualan Satwa Liar Dilindungi Berhasil Dibekuk
    02 Polda Riau Gelar Rapat Evaluasi Muara Takus 2019
    03 Tinjau Korban Banjir, Bupati Kampar: Layani Masyarakat Secara Maksimal
    04 Maraknya Peredaran Narkoba, Wabup Said Hasyim: Tolong Perhatikan Lingkungan Kita
    05 Polres Kampar Serahkan Bantuan untuk Warga Terkena Bencana Banjir
    06 Liga eSport Terbesar di Indonesia Berhadiah Rp 1.6 Milyar
    07 PKK Serang Maluku Belajar Olah Sagu di Kepulauan Meranti
    08 Gubernur Riau Prihatin Bencana Banjir Telan Korban Jiwa
    09 Hasil Seleksi Administrasi CPNS Pekanbaru Diumumkan 16 Desember
    10 Amankan Listrik saat Nataru, PLN Riau Siagakan 98 Posko dan 748 Personel
    11 Mudahkan Pelayanan Guru, Dinas Pendidikan Riau Luncurkan Aplikasi Satu Klik
    12 Wagubri Hadiri Rakor dengan Kepala SMA/SMK & SLB Se-Provinsi Riau
    13 Sore Ini Pintu Waduk PLTA Dibuka Jadi 150 CM, Warga Kampar Diminta Waspadai Banjir
    14 BPJS Kesehatan Ingatkan Iuran Naik per 1 Januari Lewat SMS
    15 Wagubri Serahkan Bonus Rp675 Juta untuk Atlet berprestasi di Peparnas, Popnas dan Pospesnas
    16 Kasus HIV/AIDS Cenderung Meningkat
    17 205 Rumah di Gunung Sahilan Terendam Banjir
    18 UN Dihapus, Kadisdik Pekanbaru: Mengubah Sistem Itu Berat
    19 Tak Juga Ditemui, Mahasiswa Sebut Anggota DPRD Riau Pengecut
    20 Polsek Bangko Musnahkan Barang Bukti Sabu Seberat 154,95 Gram dan 77,66 Gram Ekstasi
    21 8 Perempuan di Riau Terima Anugerah Baiduri
    22 Rancang Kalender Kegiatan 2020, PBSI Riau Gelar Mukerprov
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2018 PT. RIAU INTI MEDIA, All Rights Reserved