Senin, 27 Januari 2020
Follow Us ON :
 
 
| Tingkatkan Kinerja, DLH Rohil Adakan Pertemuan dengan Petugas Kebersihan | | Persiapan MTQ Tingkat Kecamatan Mempura, Kampung Paluh Lakukan STQ | | Takjub dengan MPP Pekanbaru, Menteri Malaka Beri Jempol Walikota | | Festival Perang Air Cian Cui Ramaikan Imlek di Selatpanjang Riau | | Bupati Bengkalis Amril Mukminin Hadiri Panen Raya Desa Harapan Baru | | Tangani Karhutla, Kapolda Riau Pantau Anggota Pakai Aplikasi Lancang Kuning
 
Penting, Peran Perempuan dalam Mencegah Radikalisme dan Terorisme
Kamis, 22-08-2019 - 16:21:48 WIB

TERKAIT:
 
  • Penting, Peran Perempuan dalam Mencegah Radikalisme dan Terorisme
  •  

    PEKANBARU, riauin.com-- Peran perempuan dalam aksi terorisme perlu diwaspadai. Hal tersebut dapat dilihat sejumlah aksi teror yang terjadi di tanah air maupun di luar negeri. Misalnya yang aksi bom bunuh diri di Surabaya dan penangkapan terduga teroris di Sri Langka.

    Hal tersebut diungkapkan Gubernur Riau H Syamsuar pada acara seminar "Perempuan Agen Perdamaian; Pelibatan Perempuan Sebagai Agen Perdamaian Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme", Kamis (22/8/2019) di Hotel Premiere Pekanbaru.

    "Belakangan ini seakan menjadi tren baru dalam aksi terorisme dengan hadirnya keterlibatan perempuan dan anak. Dulu perempuan hanya menjadi simpatisan dan pendukung, tetapi saat ini mereka turut mengambil andil sebagai pelaku teror," kata Gubri Syamsuar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Kesbangpol Provinsi Riau Chairul Riski.

    Dikatakan, pencegahan paham radikalisme dan terorisme mustahil dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini BNPT dan Gubernur Riau tanpa kerja sama dengan stakeholder dan semua elemen masyarakat.

    Oleh sebab itu Pemprov mendukung setiap kegiatan dalam upaya pencegahan radikalisme dan terorisme di seluruh kabupaten dan kota di Riau. Apatah lagi kegiatan tersebut melibatkan unsur-unsur dari masyarakat.

    Gubri juga mengingatkan, kaum perempuan khususnya ibu-ibu hendaklah memperkuat jati diri dan meningkatkan peran utama terhadap anak-anak dan keluarga. Gerakan perempuan sejatinya memiliki potensi besar dalam mencegah ancaman radikalisme dan terorisme.

    "Ibu adalah orang yang pertama yang menanamkan nilai-nilai agama yang sebenarnya. Ibu adalah taman pendidikan bagi anak hingga usia remaja. Ibu merupakan kunci dalam hal kebaikan dan toleransi bagi anak-anaknya.

    Sehingga perlu upaya pencegahan radikalisme dan terorisme dengan bahasa ibu. Anak yang selalu merasa terayomi dan diperhatikan oleh sosok ibu akan terbentengi dirinya dari berbagai ancaman radikalisme dan terorisme," ujar Gubri.

    Seminar yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tersebut menghadirkan sejumlah pembicara. Yakni M Suaib Thahir ( Anggota Divisi Penulisan BNPT), Salma Safitri (Konsultan Gender Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak), Rosita Tardos (Direktur Balqis Foundation), Frida (Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak FKPT Riau).

    Sementara itu Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Riau Eddie Yusti mengatakan kegiatan tersebut bertujuan
    untuk memberikan gambaran secara jelas kepada masyarakat, khususnya perempuan, mengenai terorisme di Indonesia. Baik itu meliputi ancaman, kerawanan, hingga pertumbuhannya. Hal ini penting sebagai bagian dari kewaspadaan bersama dalam upaya pencegahan radikalisme dan terorisme.
     
    Tujuan berikutnya, kata Eddie, untuk eningkatkan sinergi antara FKPT sebagai bagian terdepan di masyarakat dalam upaya pencegahan terorisme dengan tokoh perempuan, organisasi masyarakat perempuan, dan perkumpulan perempuan di lingkungan TNI/POLRI.
     
    "Kami juga mendorong masyarakat khususnya para perempuan untuk lebih bijaksana dalam memahami kondisi terkini dan fakta di lingkungan sekitar, Sehingga dapat mengaplikasikan pemahamannya kepada keluarga dan lingkungan terdekat sebagai daya cegah dan tangkal terhadap penyebarluasan paham radikalisme dan terorisme," ujar Eddie.

    Sekitar seratus peserta terlihat antuasias mengikuti kegiatan sejak pagi hingga sore harinya. Sejumlah organisasi perempuan mengirimkan pesertanya. Antara lain Muslimat NU, Aisiyah, Perempuan MUI, BKOW, Majelis Taklim. Kemudian juga ada
    perwakilan organisasi perempuan di lingkungan TNI/ POLRI, Lurah perempuan dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (eka)



     
    Berita Lainnya :
  • Penting, Peran Perempuan dalam Mencegah Radikalisme dan Terorisme
  •  
    Komentar Anda :

     
    Indeks Berita +
    01 Tingkatkan Kinerja, DLH Rohil Adakan Pertemuan dengan Petugas Kebersihan
    02 Persiapan MTQ Tingkat Kecamatan Mempura, Kampung Paluh Lakukan STQ
    03 Takjub dengan MPP Pekanbaru, Menteri Malaka Beri Jempol Walikota
    04 Festival Perang Air Cian Cui Ramaikan Imlek di Selatpanjang Riau
    05 Bupati Bengkalis Amril Mukminin Hadiri Panen Raya Desa Harapan Baru
    06 Tangani Karhutla, Kapolda Riau Pantau Anggota Pakai Aplikasi Lancang Kuning
    07 Cegah Karhutla, Bupati Irwan Ajak Jaga Kelestarian Tanaman Sagu
    08 Antisipasi Karhutla, Camat dan Kades Diminta Pasang Aplikasi Lancang Kuning
    09 Kapolres Pimpin Apel Kesiapan Sarana Dan Prasarana Dalam Rangka Penanganan dan Pencegahan Karhutla
    10 Meriahnya Perayaan Imlek di Pekanbaru Sambut Tahun Tikus Logam, Bersatu Teguh Indonesia Tangguh
    11 Kompi Satgas Amole III Brimob Polda Riau Tiba di Pekanbaru setelah 6 Bulan BKO Amankan Papua
    12 Bupati Irwan Lantik Bambang Supriyanto Sebagai Penjabat Sekda Meranti
    13 Ratusan Mobil Dinas Pemprov Riau Masih Dikandangkan, Kondisinya Bikin Miris
    14 Turnamen Bintang Family Cup I Desa Tanjung Pisang Usai Digelar, Hiu Tanjung FC Jadi Pemenang
    15 2020, IM3 Ooredoo Tambah Puluhan BTS di Riau
    16 Dr Junaidi Terpilih Aklamasi Pimpin Forum Dosen Indonesia Provinsi Riau
    17 Menpora RI Banggakan Proliga 2020
    18 Jelang Musda KNPI IV Kepulauan Meranti, Rahmat Rozali Nyatakan Maju
    19 BKMT Kepulauan Meranti Latih Belasan Ibu Jadi Penjahit Profesional
    20 Longsor di Ruas Jalan Riau Batas Sumbar Desa Muara Selaya Kampar Sudah Bisa Dilalui Kendaraan
    21 Waspada Karhutla, Hotspot di Riau Makin Marak
    22 Jalan Lintas Pekanbaru - Kuansing Km 52 Desa Kebun Durian Amblas
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2018 PT. RIAU INTI MEDIA, All Rights Reserved