Senin, 16 Desember 2019
Follow Us ON :
 
 
| Dipersip Riau Launching Program Aksi Literasi | | 2 Pelaku Penjualan Satwa Liar Dilindungi Berhasil Dibekuk | | Polda Riau Gelar Rapat Evaluasi Muara Takus 2019 | | Tinjau Korban Banjir, Bupati Kampar: Layani Masyarakat Secara Maksimal | | Maraknya Peredaran Narkoba, Wabup Said Hasyim: Tolong Perhatikan Lingkungan Kita | | Polres Kampar Serahkan Bantuan untuk Warga Terkena Bencana Banjir
 
Penting, Peran Perempuan dalam Mencegah Radikalisme dan Terorisme
Kamis, 22-08-2019 - 16:21:48 WIB

TERKAIT:
 
  • Penting, Peran Perempuan dalam Mencegah Radikalisme dan Terorisme
  •  

    PEKANBARU, riauin.com-- Peran perempuan dalam aksi terorisme perlu diwaspadai. Hal tersebut dapat dilihat sejumlah aksi teror yang terjadi di tanah air maupun di luar negeri. Misalnya yang aksi bom bunuh diri di Surabaya dan penangkapan terduga teroris di Sri Langka.

    Hal tersebut diungkapkan Gubernur Riau H Syamsuar pada acara seminar "Perempuan Agen Perdamaian; Pelibatan Perempuan Sebagai Agen Perdamaian Dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme", Kamis (22/8/2019) di Hotel Premiere Pekanbaru.

    "Belakangan ini seakan menjadi tren baru dalam aksi terorisme dengan hadirnya keterlibatan perempuan dan anak. Dulu perempuan hanya menjadi simpatisan dan pendukung, tetapi saat ini mereka turut mengambil andil sebagai pelaku teror," kata Gubri Syamsuar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Kesbangpol Provinsi Riau Chairul Riski.

    Dikatakan, pencegahan paham radikalisme dan terorisme mustahil dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini BNPT dan Gubernur Riau tanpa kerja sama dengan stakeholder dan semua elemen masyarakat.

    Oleh sebab itu Pemprov mendukung setiap kegiatan dalam upaya pencegahan radikalisme dan terorisme di seluruh kabupaten dan kota di Riau. Apatah lagi kegiatan tersebut melibatkan unsur-unsur dari masyarakat.

    Gubri juga mengingatkan, kaum perempuan khususnya ibu-ibu hendaklah memperkuat jati diri dan meningkatkan peran utama terhadap anak-anak dan keluarga. Gerakan perempuan sejatinya memiliki potensi besar dalam mencegah ancaman radikalisme dan terorisme.

    "Ibu adalah orang yang pertama yang menanamkan nilai-nilai agama yang sebenarnya. Ibu adalah taman pendidikan bagi anak hingga usia remaja. Ibu merupakan kunci dalam hal kebaikan dan toleransi bagi anak-anaknya.

    Sehingga perlu upaya pencegahan radikalisme dan terorisme dengan bahasa ibu. Anak yang selalu merasa terayomi dan diperhatikan oleh sosok ibu akan terbentengi dirinya dari berbagai ancaman radikalisme dan terorisme," ujar Gubri.

    Seminar yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tersebut menghadirkan sejumlah pembicara. Yakni M Suaib Thahir ( Anggota Divisi Penulisan BNPT), Salma Safitri (Konsultan Gender Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak), Rosita Tardos (Direktur Balqis Foundation), Frida (Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak FKPT Riau).

    Sementara itu Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Riau Eddie Yusti mengatakan kegiatan tersebut bertujuan
    untuk memberikan gambaran secara jelas kepada masyarakat, khususnya perempuan, mengenai terorisme di Indonesia. Baik itu meliputi ancaman, kerawanan, hingga pertumbuhannya. Hal ini penting sebagai bagian dari kewaspadaan bersama dalam upaya pencegahan radikalisme dan terorisme.
     
    Tujuan berikutnya, kata Eddie, untuk eningkatkan sinergi antara FKPT sebagai bagian terdepan di masyarakat dalam upaya pencegahan terorisme dengan tokoh perempuan, organisasi masyarakat perempuan, dan perkumpulan perempuan di lingkungan TNI/POLRI.
     
    "Kami juga mendorong masyarakat khususnya para perempuan untuk lebih bijaksana dalam memahami kondisi terkini dan fakta di lingkungan sekitar, Sehingga dapat mengaplikasikan pemahamannya kepada keluarga dan lingkungan terdekat sebagai daya cegah dan tangkal terhadap penyebarluasan paham radikalisme dan terorisme," ujar Eddie.

    Sekitar seratus peserta terlihat antuasias mengikuti kegiatan sejak pagi hingga sore harinya. Sejumlah organisasi perempuan mengirimkan pesertanya. Antara lain Muslimat NU, Aisiyah, Perempuan MUI, BKOW, Majelis Taklim. Kemudian juga ada
    perwakilan organisasi perempuan di lingkungan TNI/ POLRI, Lurah perempuan dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (eka)



     
    Berita Lainnya :
  • Penting, Peran Perempuan dalam Mencegah Radikalisme dan Terorisme
  •  
    Komentar Anda :

     
    Indeks Berita +
    01 Dipersip Riau Launching Program Aksi Literasi
    02 2 Pelaku Penjualan Satwa Liar Dilindungi Berhasil Dibekuk
    03 Polda Riau Gelar Rapat Evaluasi Muara Takus 2019
    04 Tinjau Korban Banjir, Bupati Kampar: Layani Masyarakat Secara Maksimal
    05 Maraknya Peredaran Narkoba, Wabup Said Hasyim: Tolong Perhatikan Lingkungan Kita
    06 Polres Kampar Serahkan Bantuan untuk Warga Terkena Bencana Banjir
    07 Liga eSport Terbesar di Indonesia Berhadiah Rp 1.6 Milyar
    08 PKK Serang Maluku Belajar Olah Sagu di Kepulauan Meranti
    09 Gubernur Riau Prihatin Bencana Banjir Telan Korban Jiwa
    10 Hasil Seleksi Administrasi CPNS Pekanbaru Diumumkan 16 Desember
    11 Amankan Listrik saat Nataru, PLN Riau Siagakan 98 Posko dan 748 Personel
    12 Mudahkan Pelayanan Guru, Dinas Pendidikan Riau Luncurkan Aplikasi Satu Klik
    13 Wagubri Hadiri Rakor dengan Kepala SMA/SMK & SLB Se-Provinsi Riau
    14 Sore Ini Pintu Waduk PLTA Dibuka Jadi 150 CM, Warga Kampar Diminta Waspadai Banjir
    15 BPJS Kesehatan Ingatkan Iuran Naik per 1 Januari Lewat SMS
    16 Wagubri Serahkan Bonus Rp675 Juta untuk Atlet berprestasi di Peparnas, Popnas dan Pospesnas
    17 Kasus HIV/AIDS Cenderung Meningkat
    18 205 Rumah di Gunung Sahilan Terendam Banjir
    19 UN Dihapus, Kadisdik Pekanbaru: Mengubah Sistem Itu Berat
    20 Tak Juga Ditemui, Mahasiswa Sebut Anggota DPRD Riau Pengecut
    21 Polsek Bangko Musnahkan Barang Bukti Sabu Seberat 154,95 Gram dan 77,66 Gram Ekstasi
    22 8 Perempuan di Riau Terima Anugerah Baiduri
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2015-2018 PT. RIAU INTI MEDIA, All Rights Reserved